CARA MENULIS NASKAH DALAM 6 LANGKAH

BAGIKAN:

Berikut adalah langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam menulis naskah:

CARA MENULIS NASKAH DALAM 6 LANGKAH
Gambar oleh Clker-Free-Vector-Images dari Pixabay
Cara Menulis Naskah Dalam 6 Langkah - Berikut adalah langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam menulis naskah:

Menentukan Tema Cerita

Tema drama dapat diambil dari kenyataan hidup sehari-hari yang ada di sekeliling kita. Misalnya, tentang dalam usaha mencari nafkah, kasih sayang, percintaan, kenakalan remaja, kekerasan hidup di kota, kesejukan desa dan pegunungan.
 

Menyusun Kerangka Cerita

Bagi penulis pemula, kerangka cerita sebaiknya dituliskan terlebih dahulu agar membantu proses selanjutnya. Pada bagian ini kamu harus mengembangkan daya khayal (imajinasi) sehingga dapat merencanakan adegan-adegan yang diinginkan. Hasil menyusun kerangka cerita ini dapat berupa ringkasan cerita atau sinopsis.
 
Untuk kebutuhan menyusun kerangka cerita, diperlukan pemahaman alur cerita rekaan. Alur atau plot adalah cara pengarang menjamin peristiwa demi peristiwa yang dialami tokoh cerita, dengan memperhatikan hukum sebab-akibat. 

Menentukan Konflik Cerita

Konflik adalah ketegangan atau pertentangan antar tokoh cerita. Setelah kerangka cerita selesai dibuat, perlu dipertimbangkan kembali pada bagian-bagian mana konflik akan diletakkan. Konflik merupakan bagian paling penting dalan sebuah naskah drama. Naskah drama yang baik akan selalu terdiri atas konflik-konflik. Ini berarti, kekuatan sebuah naskah drama pada cara pengarang dalam menjalin konflik antartokoh melalui jalan cerita.
 
Di dalam naskah drama juga harus terdapat klimaks atau puncak dari seluruh konflik. Pada saat menulis naskah drama. Kita harus dapat menempatkan klimaks pada bagian yang tepat, agar cerita drama itu menarik. 

Menentukan Tokoh Cerita dan Perwatakannya

Pada langkah ini kita mulai menentukan nama masing-masing tokoh, dengan gambaran wataknya. Perwakilan dapat dibedakan menjadi dua, fisik dan psikis (sifat atau karakter). Perwatakan disik berarti gambaran tentang fisik tokoh: cantik, bengkok, berkacamata, berambut panjang, mata sipit, gagu, kaki cacat, kurus, gemuk, dan sebagainya. Perwatakan psikis berarti gambaran sifat atau karakter tokoh: pemarah, suka iri, baik hati, lucu, licik lembut, berwibawa, dan sebagainya.
 

Menyusun Naskah

Setelah seluruh kebutuhan menulis naskah ditetapkan, berikutnya adalah menyusun naskah. Pada langkah inilah kegiatan menulis naskah yang sesungguhnya berlangsung. Pilihlah kata-kata yang dapat mewakili pikiran dan perasaan! Ingat, naskah drama selalu berupa notasi dan dialog! Pada bagian notasi, perlu pula kamu singgung tentang gambaran latar cerita dan amanat atau pesan moral yang ingin kamu sampaikan melalui cerita itu.
 
Langkah-langkah diatas hanya merupakan pilihan cara dan bukan satu-satunya cara. Oleh karena itu, kita boleh menulis dengan langkah-langkah yang berlaku.
 

Menentukan Judul

Selain langkah-langkah di atas, ada hal lain juga yang penting diperhatikan, yaitu menentukan judul cerita. Menentukan judul cerita rekaan dapat dilakukan kapan pun, sebelum menulis cerita, ketika sedang menulis cerita, atau setelah cerita selesai ditulis. Secara umum judul cerita rekaan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.
  • Sesuai dengan isi dan tema cerita.
  • Menarik dan membawa daya khayal tersendiri.
  • Tidak terlalu panjang (singkat tetapi tepat).
Uraian di atas adalah informasi terkait bagaimana menulis naskah hanya dalam 6 langkah. Semoga bermanfaat. Keep Learning!

KOMENTAR

BLOGGER

PENCARIAN

Nama

3P's Secret for Scholarship Hunter,3,Agama,3,Agama Islam,2,Akuntansi,53,Analisis dan Perancangan Sistem Informasi,86,Anchor!,1,Bagaimana Cara,1,Bahasa Indonesia,29,Bahasa Inggris,2,Bing,12,Biologi SMP/MTS VII,3,Bola Energi,1,Buku,2,Buku Impian,1,Cara Bahasa Inggris,1,Cara Membuat,1,Contoh Kalimat Aktif dan Pasif Bahasa Inggris,1,Contoh Kalimat Pasif Dalam Bahasa Inggris,1,Contoh Undangan Surat Dinas,1,Dahsyatnya Sedekah,1,Dasar Ilmu Komputer,4,DOS dan Windows,5,how to,1,Hypnotic Writing,1,Intelegensi Buatan,40,internet,2,Jaringan,2,Jaringan Komputer,7,Java,13,Kalimat Aktif Dan Pasif,1,Kalimat Pasif dalam Bahasa Inggris,1,Kata Konjungsi,2,Kekuatan Keyakinan,1,Kekuatan Visualisasi,1,Komputer,55,Konflik dan Office Idiots,9,Kuliah,228,Lampiran-Lampiran,8,Manajemen Informatika,230,Manajemen Strategik,9,Manajemen Sumber Daya Manusia,3,Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik,3,Mengadakan Rapat Dengan Office Idiot,2,Menulis Surat Resmi,1,My 365 Days in Qatar,5,Neo Technology,1,Notes From Qatar Limited Edition,36,Office Idiots,29,Office Idiots Dan Miskomunikasi Mereka,11,Other,59,Pascal,8,Pelamar Kerja Yang Idiot,2,Pemograman,26,Pemrograman,44,Pengenalan Komputer,5,Penggunaan Kata,1,Penggunaan Kata a dan an,1,Penggunaan Kata are,1,Penggunaan Kata di,1,Penggunaan Kata is dan are,1,Penggunaan Kata pun,1,Penggunaan Kata The,1,Penggunaan Kata was,1,Penutup,1,Perilaku Kelompok dalam Organisasi,14,Perilaku Organisasi,14,Pewawancara Yang Idiot,2,Review Buku,7,Revolusioner! Mudah Cari Pekerjaan,66,Sabar Sedikit Lagi Siapa Tahu Berikutnya Impian Itu Akan Datang,1,SARAN-SARAN PEMBUATAN CL (COVER LETTER) DAN CV (CURRICULUM VITAE),22,Senyumlah dan Dapatkan Pekerjaan Itu dengan Mudah,1,Siapa Idiot baru Ini?,2,Simulasi CAT,3,Sistem Informasi,40,Sistem Informasi dan Intelegensi Buatan,44,Surat Resmi,1,Tentang Penulis,1,Tips,5,Top Modul Lolos Test CPNS,3,Wawancara? Siapa Takut!,1,
ltr
item
HanifSky: CARA MENULIS NASKAH DALAM 6 LANGKAH
CARA MENULIS NASKAH DALAM 6 LANGKAH
Berikut adalah langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam menulis naskah:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjM2JavEgFuMLtlYrnzArp1JtAIi1Vj0lfpBclJ9ZAlPPPcoejvXXDTe7YoJ-LgVU3j2nlwX-3FZo3Z3E6CLSJeKfR32FJwDAhvR710xkTvpWmRet89pFwztKTscs1TR9YIEKN9zwAymI_x/s1600/CARA+MENULIS+NASKAH+DALAM+6+LANGKAH.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjM2JavEgFuMLtlYrnzArp1JtAIi1Vj0lfpBclJ9ZAlPPPcoejvXXDTe7YoJ-LgVU3j2nlwX-3FZo3Z3E6CLSJeKfR32FJwDAhvR710xkTvpWmRet89pFwztKTscs1TR9YIEKN9zwAymI_x/s72-c/CARA+MENULIS+NASKAH+DALAM+6+LANGKAH.png
HanifSky
https://hanifsky.blogspot.com/2011/07/langkah-langkah-menulis-naskah.html
https://hanifsky.blogspot.com/
https://hanifsky.blogspot.com/
https://hanifsky.blogspot.com/2011/07/langkah-langkah-menulis-naskah.html
true
7876875396099374687
UTF-8
Memuat Semua Postingan Postingan Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batal Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN LABEL ARSIP CARI SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan postingan yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Febuari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI TERKUNCI LANGKAH 1: Bagikan ke media sosial LANGKAH 2: Klik tautan di media sosial Anda Salin Semua Code Pilih Semua Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi