Faktor-Faktor Eksternal yang Menentukan Prestasi Kelompok

BAGIKAN:

Faktor-faktor eksternal ikut berpengaruh terhadap prestasi suatu kelompok seperti strategi organisasi, struktur wewenang, peraturan, sumber-sumber org

Faktor-Faktor Eksternal yang Menentukan Prestasi Kelompok
Gambar oleh Eiji Kikuta dari Pixabay

Faktor-Faktor Eksternal yang Menentukan Prestasi Kelompok - Faktor-faktor eksternal ikut berpengaruh terhadap prestasi suatu kelompok seperti strategi organisasi, struktur wewenang, peraturan, sumber-sumber organisasi, proses seleksi, sistem imbalan, budaya organisasi, dan lingkungan fisik.


Strategi Organisasi

Strategi organisasi ditentukan oleh manajemen tingkat puncak, dan sering kali juga ditetapkan bersama-sama dengan manajemen tingkat menengah. Strategi merumuskan sasaran yang hendak dicapai organisasi dan cara-cara mencapai sasaran tersebut. Strategi yang ditetapkan organisasi mempengaruhi perilaku kelompok yang ada dalam organisasi tersebut. Kelompok akan berperilaku sesuai dengan strategi yang ditetapkan organisasi.


Struktur Wewenang

Organisasi memiliki struktur wewenang yang menentukan kepada siapa seseorang melapor, siapa yang membuat keputusan, dan bagaimana wewenang yang diberikan kepada kelompok dalam mengambil suatu keputusan. Struktur ini menentukan dimana posisi suatu kelompok tertentu dalam hirarkhi organisasi, pimpinan kelompok formal dari kelompok, dan hubungan formal di antara kelompok.

Peraturan

Organisasi menciptakan peraturan, prosedur, kebijaksanaan, dan berbagai bentuk peraturan lainnya yang menentukan standar perilaku dari perkerja. Keleluasaan dan kebebasan dari kelompok untuk menentukan standar perilakunya sangat dibatasi. Semakin banyak peraturan formal yang diterapkan organisasi pada semua pekerjanya, maka perilaku kelompok akan semakin konsisten dan dapat diramalkan.

Baca juga Sumber-sumber Intern Anggota Kelompok


Sumber-Sumber Organisasi

Organisasi ada yang skala usahanya besar dan ada pula yang kecil. Organisasi yang besar tentu sumber-sumber yang dimiliki juga besar. Pekerja akan dilengkapi dengan peralatan-peralatan yang canggih untuk melaksanakan tugasnya. Sedangkan organisasi yang relatif kecil akan melengkapi pekerjaannya dengan peralatan-peralatan yang sederhana untuk menyelesaikan tugasnya. Besar atau kecilnya sumberdaya yang lainnya yang diberikan organisasi kepada kelompok akan mempengaruhi perilaku dan prestasi kelompok.

Proses Seleksi

Kriteria dalam proses seleksi tenaga kerja akan menentukan tenaga kerja yang akan diterima yang merupakan kelompok kerja dalam organisasi. Proses seleksi menjadi faktor penting dalam menyaring orang-orang yang berkualitas dan sesuai dengan tuntutan tugas dalam suatu organisasi. Kualitas dari calon pekerja tersebut nantinya akan menjadi kelompok tugas sangat menentukan perilaku dan prestasi kelompok tersebut.

Penilaian Prestasi dan Sistem Imbalan

Kelompok merupakan bagian dari sistem organisasi, dimana perilaku kelompok akan dipengaruhi oleh bagaimana organisasi dalam menilai prestasi kelompok yang ada dalam organisasi dan bagaimana sistem imbalan yang diterapkan terhadap kelompok-kelompok yang ada dalam organisasi. Adanya sistem imbalan yang mengkaitkannya dengan prestasi dari kelompok kerja akan mempengaruhi perilaku kelompok tersebut.
 

Budaya Organisasi
Organisasi pada umumnya memiliki kebiasaan-kebiasaan yang tidak tertulis yang menentukan perilaku yang boleh dan tidak boleh dilakukan para pekerja. Sementara organisasi tertentu memiliki subkultur yang berlaku pada kelompok tertentu yang merupakan pelengkap atau modifikasi standar perilaku yang boleh atau tidak boleh dilakukan. Kultur organisasi dan subkultur tersebut akan menentukan perilaku kelompok dalam organisasi tersebut.

Faktor Lingkungan Fisik

Faktor lingkungan fisik juga berpengaruh terhadap perilaku dan prestasi kelompok. Ruangan yang tertata dengan baik misalnya tempat duduk melingkar akan memudahkan komunikasi antar anggota kelompok. Demikian juga kenyamanan dari suhu dan udara dalam ruangan akan menyebabkan daya tahan dari anggota kelompok dalam melaksanakan tugasnya akan lebih baik.

KOMENTAR

BLOGGER

PENCARIAN

Nama

3P's Secret for Scholarship Hunter,3,Agama,3,Agama Islam,2,Akuntansi,53,Analisis dan Perancangan Sistem Informasi,86,Anchor!,1,Bagaimana Cara,1,Bahasa Indonesia,29,Bahasa Inggris,2,Bing,12,Biologi SMP/MTS VII,3,Bola Energi,1,Buku,2,Buku Impian,1,Cara Bahasa Inggris,1,Cara Membuat,1,Contoh Kalimat Aktif dan Pasif Bahasa Inggris,1,Contoh Kalimat Pasif Dalam Bahasa Inggris,1,Contoh Undangan Surat Dinas,1,Dahsyatnya Sedekah,1,Dasar Ilmu Komputer,4,DOS dan Windows,5,how to,1,Hypnotic Writing,1,Intelegensi Buatan,40,internet,2,Jaringan,2,Jaringan Komputer,7,Java,13,Kalimat Aktif Dan Pasif,1,Kalimat Pasif dalam Bahasa Inggris,1,Kata Konjungsi,2,Kekuatan Keyakinan,1,Kekuatan Visualisasi,1,Komputer,55,Konflik dan Office Idiots,9,Kuliah,228,Lampiran-Lampiran,8,Manajemen Informatika,230,Manajemen Strategik,9,Manajemen Sumber Daya Manusia,3,Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik,3,Mengadakan Rapat Dengan Office Idiot,2,Menulis Surat Resmi,1,My 365 Days in Qatar,5,Neo Technology,1,Notes From Qatar Limited Edition,36,Office Idiots,29,Office Idiots Dan Miskomunikasi Mereka,11,Other,59,Pascal,8,Pelamar Kerja Yang Idiot,2,Pemograman,26,Pemrograman,44,Pengenalan Komputer,5,Penggunaan Kata,1,Penggunaan Kata a dan an,1,Penggunaan Kata are,1,Penggunaan Kata di,1,Penggunaan Kata is dan are,1,Penggunaan Kata pun,1,Penggunaan Kata The,1,Penggunaan Kata was,1,Penutup,1,Perilaku Kelompok dalam Organisasi,14,Perilaku Organisasi,14,Pewawancara Yang Idiot,2,Review Buku,7,Revolusioner! Mudah Cari Pekerjaan,66,Sabar Sedikit Lagi Siapa Tahu Berikutnya Impian Itu Akan Datang,1,SARAN-SARAN PEMBUATAN CL (COVER LETTER) DAN CV (CURRICULUM VITAE),22,Senyumlah dan Dapatkan Pekerjaan Itu dengan Mudah,1,Siapa Idiot baru Ini?,2,Simulasi CAT,3,Sistem Informasi,40,Sistem Informasi dan Intelegensi Buatan,44,Surat Resmi,1,Tentang Penulis,1,Tips,5,Top Modul Lolos Test CPNS,3,Wawancara? Siapa Takut!,1,
ltr
item
HanifSky: Faktor-Faktor Eksternal yang Menentukan Prestasi Kelompok
Faktor-Faktor Eksternal yang Menentukan Prestasi Kelompok
Faktor-faktor eksternal ikut berpengaruh terhadap prestasi suatu kelompok seperti strategi organisasi, struktur wewenang, peraturan, sumber-sumber org
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiyc_m0kpE844k8ikLfyHC3QAKI4BoALxALLNrDnZn78YDOO0wx7IPUcec-LDvEVU2ewiTTy2xVDjTOIxgYrj6q9ZpoSVzBuNe8YWz8ArSn3zLRfs8e1jZL1y1FD1wdM_DJs9yFw-M20ffQ/s1600/Faktor-Faktor+Eksternal+yang+Menentukan+Prestasi+Kelompok.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiyc_m0kpE844k8ikLfyHC3QAKI4BoALxALLNrDnZn78YDOO0wx7IPUcec-LDvEVU2ewiTTy2xVDjTOIxgYrj6q9ZpoSVzBuNe8YWz8ArSn3zLRfs8e1jZL1y1FD1wdM_DJs9yFw-M20ffQ/s72-c/Faktor-Faktor+Eksternal+yang+Menentukan+Prestasi+Kelompok.jpg
HanifSky
https://hanifsky.blogspot.com/2011/05/faktor-faktor-eksternal-yang-menentukan-prestasi-kelompok.html
https://hanifsky.blogspot.com/
https://hanifsky.blogspot.com/
https://hanifsky.blogspot.com/2011/05/faktor-faktor-eksternal-yang-menentukan-prestasi-kelompok.html
true
7876875396099374687
UTF-8
Memuat Semua Postingan Postingan Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batal Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN LABEL ARSIP CARI SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan postingan yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Febuari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI TERKUNCI LANGKAH 1: Bagikan ke media sosial LANGKAH 2: Klik tautan di media sosial Anda Salin Semua Code Pilih Semua Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi