6 Kriteria Sistem Yang Baik Yang Harus Kalian Ketahui

BAGIKAN:

Kriteria sistem yang baik adalah sebagai berikut: Kegunaan Sistem harus menghasilkan informasi yang tepat pada waktunya untuk proses pengambilan keput

6 KRITERIA SISTEM YANG BAIK
Gambar oleh Jae Rue dari Pixabay

Kemarin kita sudah membahas tentang Pengertian Sistem Menurut Para Ahli, kali ini kita akan lanjutkan ke 6 Kriteria Sistem Yang Baik.

Baca juga Pengelolaan Dan Pengendalian Sistem Informasi

Apa saja syarat yang harus ada untuk memenuhi kriteria bahwa sistem yang ada termasuk ke dalam kategori sistem yang baik? Kriteria sistem yang baik harus memenuhi syarat kegunaan, ekononis, keandalan, kapasitas, kesederhanaan, dan fleksibilitas.

Baca juga Kegiatan Sistem Informasi

Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai syarat yang harus dipenuhi untuk masuk ke dalam kriteria sistem yang baik:

6 Kriteria Sistem Yang Baik

6 Kriteria Sistem Yang Baik - Kriteria sistem yang baik adalah sebagai berikut:

  • Kegunaan Sistem
    Suatu sistem yang baik harus menghasilkan informasi yang tepat pada waktunya untuk proses pengambilan keputusan manajemen dan personel operasi di dalam suatu organisasi.
  • Ekonomis
    Semua bagian dari sistem termasuk laporan-laporan, pengawasan-pengawasan, dan lain-lain harus menyumbangkan suatu nilai tambah sekurang-kurangnya sebesar biayanya.
  • Keandalan Sistem
    Keluaran (output) sistem yang baik harus mempunyai tingkat ketelitian yang tinggi dan sistem itu sendiri harus mampu beroperasi secara efektif dan efisien.
  • Kapasitas Sistem
    Sistem yang baik harus mempunyai kapasitas yang memadai untuk menangani periode-periode operasi puncak seperti pada saat operasi normal.
  • Kesederhanaan Sistem
    Sistem yang baik harus cukup sederhana, sehingga struktur dan operasinya dapat dengan mudah dimengerti dan prosedurnya gampang diikuti.
  • Fleksibilitas Sistem
    Sistem yang baik harus cukup fleksibel untuk menampung perubahan-perubahan.


Kesimpulan

Kriteria sistem yang baik ada 6 yaitu:

  1. Pertama dari segi kegunaan sistem menghasilkan informasi yang tepat pada waktunya untuk proses pengambilan keputusan manajemen dan personel operasi di dalam suatu organisasi.
  2. Kedua dari segi biaya, sistem harus bersifat ekonomis dalam artian semua bagian dari sistem termasuk laporan-laporan, pengawasan-pengawasan, dan lain-lain harus menyumbangkan suatu nilai tambah sekurang-kurangnya sebesar biayanya.
  3. Ketiga, Sistem harus bisa diandalkan yang artinya output dari sistem harus mempunyai tingkat ketelitian yang tinggi dan sistem itu sendiri harus mampu beroperasi secara efektif dan efisien.
  4. Keempat, sistem harus mempunyai kapasitas yang memadai untuk menangani periode-periode operasi puncak seperti pada saat operasi normal.
  5. Kelima, sistem harus dibuat sesederhana mungkin sehingga struktur dan operasinya dapat dengan mudah dimengerti dan prosedurnya mudah untuk dilakukan.
  6. Keenam, Sistem yang baik harus bersifat fleksibel untuk menampung perubahan-perubahan.

Baca juga Jenis-Jenis Sistem Informasi

Kalau suatu sistem masih ada celah di salah satu dari keenam syarat tersebut berarti sistem yang dimaksud belum termasuk ke dalam kategori kriteria sistem yang baik dan harus segera di perbaiki.

Baca juga Perkembangan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Kriteria Sistem Yang Baik semoga bermanfaat. Terima kasih sudah membagikan artikel ini ke teman kalian yang lain. Sampai jumpa lagi di pembahasan berikutnya.

KOMENTAR

BLOGGER: 1
  1. halo kak..
    sebelumnya teriamkasih atas informasinya ^_^
    mohon maaf saya ijin bertanya untuk sumbernya apakah boleh tau darimana kak? karena kriteria sistem ini perlu saya masukan ke dalam Tuga AKhir saya..
    terimakasih kak.

    BalasHapus
Berkomentarlah yang membangun!

PENCARIAN

Nama

3P's Secret for Scholarship Hunter,3,Agama,3,Agama Islam,2,Akuntansi,53,Analisis dan Perancangan Sistem Informasi,86,Anchor!,1,Bagaimana Cara,1,Bahasa Indonesia,29,Bahasa Inggris,2,Bing,12,Biologi SMP/MTS VII,3,Bola Energi,1,Buku,2,Buku Impian,1,Cara Bahasa Inggris,1,Cara Membuat,1,Contoh Kalimat Aktif dan Pasif Bahasa Inggris,1,Contoh Kalimat Pasif Dalam Bahasa Inggris,1,Contoh Undangan Surat Dinas,1,Dahsyatnya Sedekah,1,Dasar Ilmu Komputer,4,DOS dan Windows,5,how to,1,Hypnotic Writing,1,Intelegensi Buatan,40,internet,2,Jaringan,2,Jaringan Komputer,7,Java,13,Kalimat Aktif Dan Pasif,1,Kalimat Pasif dalam Bahasa Inggris,1,Kata Konjungsi,2,Kekuatan Keyakinan,1,Kekuatan Visualisasi,1,Komputer,55,Konflik dan Office Idiots,9,Kuliah,228,Lampiran-Lampiran,8,Manajemen Informatika,230,Manajemen Strategik,9,Manajemen Sumber Daya Manusia,3,Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik,3,Mengadakan Rapat Dengan Office Idiot,2,Menulis Surat Resmi,1,My 365 Days in Qatar,5,Neo Technology,1,Notes From Qatar Limited Edition,36,Office Idiots,29,Office Idiots Dan Miskomunikasi Mereka,11,Other,59,Pascal,8,Pelamar Kerja Yang Idiot,2,Pemograman,26,Pemrograman,44,Pengenalan Komputer,5,Penggunaan Kata,1,Penggunaan Kata a dan an,1,Penggunaan Kata are,1,Penggunaan Kata di,1,Penggunaan Kata is dan are,1,Penggunaan Kata pun,1,Penggunaan Kata The,1,Penggunaan Kata was,1,Penutup,1,Perilaku Kelompok dalam Organisasi,14,Perilaku Organisasi,14,Pewawancara Yang Idiot,2,Review Buku,7,Revolusioner! Mudah Cari Pekerjaan,66,Sabar Sedikit Lagi Siapa Tahu Berikutnya Impian Itu Akan Datang,1,SARAN-SARAN PEMBUATAN CL (COVER LETTER) DAN CV (CURRICULUM VITAE),22,Senyumlah dan Dapatkan Pekerjaan Itu dengan Mudah,1,Siapa Idiot baru Ini?,2,Simulasi CAT,3,Sistem Informasi,40,Sistem Informasi dan Intelegensi Buatan,44,Surat Resmi,1,Tentang Penulis,1,Tips,5,Top Modul Lolos Test CPNS,3,Wawancara? Siapa Takut!,1,
ltr
item
HanifSky: 6 Kriteria Sistem Yang Baik Yang Harus Kalian Ketahui
6 Kriteria Sistem Yang Baik Yang Harus Kalian Ketahui
Kriteria sistem yang baik adalah sebagai berikut: Kegunaan Sistem harus menghasilkan informasi yang tepat pada waktunya untuk proses pengambilan keput
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi_dD4X5WbR4RnvbmTPBl6xPg-7HKdytkboexz5r0W_oQWrqonJ5uiO_GpEghpOD6MyuMbWPyOMSlcB5atAOPtarYHD8yTQRzNNAAM8crS0jDNqqzIFb-0WHeffZaY-UyFjAY-zxHvfFfCK/s1600/6+KRITERIA+SISTEM+YANG+BAIK.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi_dD4X5WbR4RnvbmTPBl6xPg-7HKdytkboexz5r0W_oQWrqonJ5uiO_GpEghpOD6MyuMbWPyOMSlcB5atAOPtarYHD8yTQRzNNAAM8crS0jDNqqzIFb-0WHeffZaY-UyFjAY-zxHvfFfCK/s72-c/6+KRITERIA+SISTEM+YANG+BAIK.jpg
HanifSky
https://hanifsky.blogspot.com/2012/01/kriteria-sistem.html
https://hanifsky.blogspot.com/
https://hanifsky.blogspot.com/
https://hanifsky.blogspot.com/2012/01/kriteria-sistem.html
true
7876875396099374687
UTF-8
Memuat Semua Postingan Postingan Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batal Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN LABEL ARSIP CARI SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan postingan yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Febuari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI TERKUNCI LANGKAH 1: Bagikan ke media sosial LANGKAH 2: Klik tautan di media sosial Anda Salin Semua Code Pilih Semua Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi