HAL-HAL YANG PERLU DIKETAHUI UNTUK MENJADI SEORANG PEMBAWA ACARA (MC)

BAGIKAN:

Pembawa Acara atau MC Tugas pembawa acara atau MC adalah: 1. Mempersiapkan atau menyusun acara, 2. Membuat acara, 3. Mengatur acara atau arus pembicaraan, 4. Mempersilakan pengisi acara, 5. Memberikan ulasan, komentar terhadap acara atau pembicaraan yang baru selesai (jika diperlukan), 6. Merangkum seluruh jalannya acara, dan 7. Menutup acara. Secara garis besar dapat dibagi menjadi 3 bagian: (1) pembukaan, (2) inti acara, (3) penutup.

HAL-HAL YANG PERLU DIKETAHUI UNTUK MENJADI SEORANG MC
Gambar oleh Dickson Donatus dari Pixabay
Hal-Hal yang Perlu Diketahui Untuk Menjadi Seorang Pembawa Acara (MC) - Untuk menjadi seorang pembawa acara atau yang biasa disebut juga dengan MC baik itu menjadi pembawa acara (MC) pengajian, pembawa acara (MC) dalam acara formal, pembawa acara (MC) pernikahan, dan lain sebagainya ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan.

Mulai dari apa saja tugas dari seorang pembawa acara atau mc, apa saja yang harus dikemukakan saat membuka acara, bagaimana kita memandu acara inti, dan bagaimana kita menutup acara yang kita bawakan.

Berikut penjelasan lengkapnya mengenai apa saja yang perlu kita perhatikan dalam menjadi seorang pembawa acara atau MC.

Tugas Pembawa Acara (MC)

Tugas pembawa acara atau MC adalah sebagai berikut:
  1. Mempersiapkan atau menyusun acara,
  2. Membuat acara,
  3. Mengatur acara atau arus pembicaraan,
  4. Mempersilakan pengisi acara,
  5. Memberikan ulasan, komentar terhadap acara atau pembicaraan yang baru selesai (jika diperlukan),
  6. Merangkum seluruh jalannya acara, dan
  7. Menutup acara.

Secara garis besar dapat dibagi menjadi 3 bagian: (1) pembukaan, (2) inti acara, (3) penutup.

Baca juga: 7 HAL YANG HARUS DICATAT KETIKA MENDENGARKAN PEMBACAAN NOVEL TERJEMAHAN

Membuka Acara

Hal-hal yang dikemukakan dalam membuka acara meliputi:
  1. Ucapan salam (sesuai tempat, waktu, dan situasi),
  2. Puji syukur kepada Tuhan,
  3. Terimakasih kepada yang hadir,
  4. Membacakan susunan acara, dan
  5. Menyatakan acara dimulai dengan memimpin dan membuka.

Memandu Acara Inti

      Tugas pembawa acara adalah memandu acara inti

Menutup Acara

Tugas pembawa acara adalah merangkum jalannya acara atau hasil pertemuan, kemudian dilanjutkan dengan menutup acara.


Uraian diatas adalah materi terkait hal-hal apa saja yang perlu kita ketahui untuk menjadi seorang pembawa acara atau MC. Dalam membawakan suatu acara memang sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia, namun tidak menutup kemungkinan juga bisa dicampur dalam bahasa daerah yang sedang kita bawakan acaranya. Bisa juga membawakan suatu acara dengan menggunakan full bahasa daerah tersebut.

Contohnya ketika kita memandu acara untuk daerah jawa kita membawakan acara dengan menggunakan bahasa jawa, kemudian membawa acara di daerah sunda kita menggunakan bahasa sunda untuk membawakan acara, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat. Keep Learning!

KOMENTAR

BLOGGER

PENCARIAN

Nama

3P's Secret for Scholarship Hunter,3,Agama,3,Agama Islam,2,Akuntansi,53,Analisis dan Perancangan Sistem Informasi,86,Anchor!,1,Bagaimana Cara,1,Bahasa Indonesia,29,Bahasa Inggris,2,Bing,12,Biologi SMP/MTS VII,3,Bola Energi,1,Buku,2,Buku Impian,1,Cara Bahasa Inggris,1,Cara Membuat,1,Contoh Kalimat Aktif dan Pasif Bahasa Inggris,1,Contoh Kalimat Pasif Dalam Bahasa Inggris,1,Contoh Undangan Surat Dinas,1,Dahsyatnya Sedekah,1,Dasar Ilmu Komputer,4,DOS dan Windows,5,how to,1,Hypnotic Writing,1,Intelegensi Buatan,40,internet,2,Jaringan,2,Jaringan Komputer,7,Java,13,Kalimat Aktif Dan Pasif,1,Kalimat Pasif dalam Bahasa Inggris,1,Kata Konjungsi,2,Kekuatan Keyakinan,1,Kekuatan Visualisasi,1,Komputer,55,Konflik dan Office Idiots,9,Kuliah,228,Lampiran-Lampiran,8,Manajemen Informatika,230,Manajemen Strategik,9,Manajemen Sumber Daya Manusia,3,Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik,3,Mengadakan Rapat Dengan Office Idiot,2,Menulis Surat Resmi,1,My 365 Days in Qatar,5,Neo Technology,1,Notes From Qatar Limited Edition,36,Office Idiots,29,Office Idiots Dan Miskomunikasi Mereka,11,Other,59,Pascal,8,Pelamar Kerja Yang Idiot,2,Pemograman,26,Pemrograman,44,Pengenalan Komputer,5,Penggunaan Kata,1,Penggunaan Kata a dan an,1,Penggunaan Kata are,1,Penggunaan Kata di,1,Penggunaan Kata is dan are,1,Penggunaan Kata pun,1,Penggunaan Kata The,1,Penggunaan Kata was,1,Penutup,1,Perilaku Kelompok dalam Organisasi,14,Perilaku Organisasi,14,Pewawancara Yang Idiot,2,Review Buku,7,Revolusioner! Mudah Cari Pekerjaan,66,Sabar Sedikit Lagi Siapa Tahu Berikutnya Impian Itu Akan Datang,1,SARAN-SARAN PEMBUATAN CL (COVER LETTER) DAN CV (CURRICULUM VITAE),22,Senyumlah dan Dapatkan Pekerjaan Itu dengan Mudah,1,Siapa Idiot baru Ini?,2,Simulasi CAT,3,Sistem Informasi,40,Sistem Informasi dan Intelegensi Buatan,44,Surat Resmi,1,Tentang Penulis,1,Tips,5,Top Modul Lolos Test CPNS,3,Wawancara? Siapa Takut!,1,
ltr
item
HanifSky: HAL-HAL YANG PERLU DIKETAHUI UNTUK MENJADI SEORANG PEMBAWA ACARA (MC)
HAL-HAL YANG PERLU DIKETAHUI UNTUK MENJADI SEORANG PEMBAWA ACARA (MC)
Pembawa Acara atau MC Tugas pembawa acara atau MC adalah: 1. Mempersiapkan atau menyusun acara, 2. Membuat acara, 3. Mengatur acara atau arus pembicaraan, 4. Mempersilakan pengisi acara, 5. Memberikan ulasan, komentar terhadap acara atau pembicaraan yang baru selesai (jika diperlukan), 6. Merangkum seluruh jalannya acara, dan 7. Menutup acara. Secara garis besar dapat dibagi menjadi 3 bagian: (1) pembukaan, (2) inti acara, (3) penutup.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEigj6maOwYYjG29ZJIw0kclCe0tOXOGMCgaVwK4uC1AAc1Lu3TKP3kzMMZDdhCjVKyzaBOpeALZG_xuEEUqbpwu3_8Arj8v5BM5qO6nYl1uIxa_0mR7d1EP5TTAHUBrMnO1Bg8a2eIaFxvv/s1600/HAL-HAL+YANG+PERLU+DIKETAHUI+UNTUK+MENJADI+SEORANG+MC.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEigj6maOwYYjG29ZJIw0kclCe0tOXOGMCgaVwK4uC1AAc1Lu3TKP3kzMMZDdhCjVKyzaBOpeALZG_xuEEUqbpwu3_8Arj8v5BM5qO6nYl1uIxa_0mR7d1EP5TTAHUBrMnO1Bg8a2eIaFxvv/s72-c/HAL-HAL+YANG+PERLU+DIKETAHUI+UNTUK+MENJADI+SEORANG+MC.jpg
HanifSky
https://hanifsky.blogspot.com/2011/06/7-tugas-untuk-menjadi-seorang-pembawa-acara.html
https://hanifsky.blogspot.com/
https://hanifsky.blogspot.com/
https://hanifsky.blogspot.com/2011/06/7-tugas-untuk-menjadi-seorang-pembawa-acara.html
true
7876875396099374687
UTF-8
Memuat Semua Postingan Postingan Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batal Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN LABEL ARSIP CARI SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan postingan yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Febuari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI TERKUNCI LANGKAH 1: Bagikan ke media sosial LANGKAH 2: Klik tautan di media sosial Anda Salin Semua Code Pilih Semua Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi