5 Aliran Muktazillah - Salah Satunya Adalah At-Tauhid

BAGIKAN:

Aliran muktazillah ini muncul sebagai reaksi atas pertentangan antara aliran Khawarij dan aliran Murji’ah mengenai persoalan orang mukmin yang berdosa

5 Aliran Muktazillah - Salah Satunya Adalah At-Tauhid
5 Aliran Muktazillah - Salah Satunya Adalah At-Tauhid

Aliran muktazillah ini muncul sebagai reaksi atas pertentangan antara aliran Khawarij dan aliran Murji’ah mengenai persoalan orang mukmin yang berdosa besar.

5 Aliran Muktazillah - Salah Satunya Adalah At-Tauhid - Menghadapi dua pendapat ini, Wasil bin Ata yang ketika itu menjadi murid Hasan al-Basri, seorang ulama terkenal di Basra, mendahului gurunya dalam mengeluarkan pendapat, Wasil mengatakan bahwa orang mukmin yang berdosa besar menempati posisi antara mukin dan kafir. Tegasnya, orang itu bukan mukmin dan bukan kafir.

Setelah menyatakan pendapat itu, Wasil bin Ata meninggalkan perguruan Hasan al-Basri, lalu membentuk kelompok sendiri. Kelompok ini dikenal dengan Muktazillah. Pada awal perkembangan nya, aliran ini tidak mendapat simpati umat Islam karena ajaran Muktazillah sulit dipahami oleh beberapa klompok masyarakat.

Hal itu disebabkan ajarannya bersifat rasional dan filosofis. Alasan lain adalah aliran Muktazillah dinilai tidak berpegang teguh pada sunah Rasulullah saw. dan para sahabat. Aliran Muktazillah baru ini memperoleh dukungan pada masa pemerintahan Khalifah al-Makmun, penguasa Bani Abbasiyah.

Aliran Muktazillah mempunyai lima doktrin yang dikenal dengan al-usul al-khamsah. Berikut ini kelima doktrin aliran Muktazillah.

5 Aliran Muktazillah

At-Tauhid (Tauhid)

Ajaran pertama aliran muktazillah ini berarti menyakini sepenuhnya bahwa hanya Allah Yang Maha esa. Konsep tauhid menurut mereka adalah paling murni sehingga mereka senang disebut pembela tauhid (ahl al-Tauhid).

 

Al-‘Adl

Menurut aliran Muktazillah, paham keadilan Tuhan mempunyai pengertian bahwa Tuhan wajib berlaku adil dan mustahil Dia berbuat zalim kepada hamba-Nya. Mereka berpendapat bahwa Tuhan wajib berbuat yang terbaik bagi manusia. Misalnya, tidak memberi beban terlalu berat, mengirimkan nabi dan rasul, serta memberi daya manusia agar dapat mewujudkan keinginan nya.

 

Al-Wa’d wa al-Wa’id (Janji dan Ancaman)

Menurut Aliran Muktazillah, Tuhan wajib menepati janji-Nya memasukkan orang mukmin ke dalam surga. Begitu juga, menepati ancaman-Nya mencampakkan orang kafir serta orang yang berdosa besar ke dalam neraka.

 

Al-Manzilah bain al-Manzilatain (Posisi di Antara Dua Posisi)

Paham Al-Manzilah bain al-Manzilatain ini merupakan ajaran dasar pertama yang lahir di kalangan Muktazillah. Paham Al-Manzilah bain al-Manzilatain ini yang menyatakan posisi orang Islam yang berbuat dosa besar. Orang Islam jika melakukan dosa besar, ia tidak lagi sebagai orang mukmin, tetapi ia juga tidak kafir. Kedudukannya sebagai orang fasik. Jika meninggal sebelum bertobat, ia dimasukkan neraka selama-lamanya. Akan tetapi, siksanya lebih ringan daripada orang kafir.

 

Amar Ma’ruf Nahi Munkar (Perintah Mengerjakan Kebajikan dan Melarang Kemungkaran)

Dalam prinsip Muktazillah, setiap muslim wajib menegakkan yang makruf dan menjauhi yang mungkar. Bahkan, dalam sejarah, mereka pernah memaksakan ajarannya kepada kelompok lain. Orang yang menentang akan dihukum.


Demikianlah pembahasan tentang 5 aliran muktazillah. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah membagikan artikel ini ke media sosial teman-teman sehingga teman kita yang lain pun ikut mendapatkan manfaat dari tulisan ini. Sampai jumpa lagi pada pembahasan berikutnya.

KOMENTAR

BLOGGER

PENCARIAN

Nama

3P's Secret for Scholarship Hunter,3,Agama,3,Agama Islam,2,Akuntansi,53,Analisis dan Perancangan Sistem Informasi,86,Anchor!,1,Bagaimana Cara,1,Bahasa Indonesia,29,Bahasa Inggris,2,Bing,12,Biologi SMP/MTS VII,3,Bola Energi,1,Buku,2,Buku Impian,1,Cara Bahasa Inggris,1,Cara Membuat,1,Contoh Kalimat Aktif dan Pasif Bahasa Inggris,1,Contoh Kalimat Pasif Dalam Bahasa Inggris,1,Contoh Undangan Surat Dinas,1,Dahsyatnya Sedekah,1,Dasar Ilmu Komputer,4,DOS dan Windows,5,how to,1,Hypnotic Writing,1,Intelegensi Buatan,40,internet,2,Jaringan,2,Jaringan Komputer,7,Java,13,Kalimat Aktif Dan Pasif,1,Kalimat Pasif dalam Bahasa Inggris,1,Kata Konjungsi,2,Kekuatan Keyakinan,1,Kekuatan Visualisasi,1,Komputer,55,Konflik dan Office Idiots,9,Kuliah,228,Lampiran-Lampiran,8,Manajemen Informatika,230,Manajemen Strategik,9,Manajemen Sumber Daya Manusia,3,Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik,3,Mengadakan Rapat Dengan Office Idiot,2,Menulis Surat Resmi,1,My 365 Days in Qatar,5,Neo Technology,1,Notes From Qatar Limited Edition,36,Office Idiots,29,Office Idiots Dan Miskomunikasi Mereka,11,Other,59,Pascal,8,Pelamar Kerja Yang Idiot,2,Pemograman,26,Pemrograman,44,Pengenalan Komputer,5,Penggunaan Kata,1,Penggunaan Kata a dan an,1,Penggunaan Kata are,1,Penggunaan Kata di,1,Penggunaan Kata is dan are,1,Penggunaan Kata pun,1,Penggunaan Kata The,1,Penggunaan Kata was,1,Penutup,1,Perilaku Kelompok dalam Organisasi,14,Perilaku Organisasi,14,Pewawancara Yang Idiot,2,Review Buku,7,Revolusioner! Mudah Cari Pekerjaan,66,Sabar Sedikit Lagi Siapa Tahu Berikutnya Impian Itu Akan Datang,1,SARAN-SARAN PEMBUATAN CL (COVER LETTER) DAN CV (CURRICULUM VITAE),22,Senyumlah dan Dapatkan Pekerjaan Itu dengan Mudah,1,Siapa Idiot baru Ini?,2,Simulasi CAT,3,Sistem Informasi,40,Sistem Informasi dan Intelegensi Buatan,44,Surat Resmi,1,Tentang Penulis,1,Tips,5,Top Modul Lolos Test CPNS,3,Wawancara? Siapa Takut!,1,
ltr
item
HanifSky: 5 Aliran Muktazillah - Salah Satunya Adalah At-Tauhid
5 Aliran Muktazillah - Salah Satunya Adalah At-Tauhid
Aliran muktazillah ini muncul sebagai reaksi atas pertentangan antara aliran Khawarij dan aliran Murji’ah mengenai persoalan orang mukmin yang berdosa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiAkMNGoguEKIQCwvlvaMUoT_ww-2haZ0l2uDuAp04xXHxOnKB0_dLlC0aM5YnquUnINwwbOo4p8LhrlCq0fPqrfLx8wjtjHrUsWSb4Bqx8GKsTMWEkTh-VVm8cxQx_QKUeotNfE1v4cXBd/s16000/5+ALIRAN+MUKTAZILLAH.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiAkMNGoguEKIQCwvlvaMUoT_ww-2haZ0l2uDuAp04xXHxOnKB0_dLlC0aM5YnquUnINwwbOo4p8LhrlCq0fPqrfLx8wjtjHrUsWSb4Bqx8GKsTMWEkTh-VVm8cxQx_QKUeotNfE1v4cXBd/s72-c/5+ALIRAN+MUKTAZILLAH.jpg
HanifSky
https://hanifsky.blogspot.com/2011/10/aliran-muktazillah.html
https://hanifsky.blogspot.com/
https://hanifsky.blogspot.com/
https://hanifsky.blogspot.com/2011/10/aliran-muktazillah.html
true
7876875396099374687
UTF-8
Memuat Semua Postingan Postingan Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batal Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN LABEL ARSIP CARI SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan postingan yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Febuari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI TERKUNCI LANGKAH 1: Bagikan ke media sosial LANGKAH 2: Klik tautan di media sosial Anda Salin Semua Code Pilih Semua Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi