Berburu Beasiswa Kuliah S1 Luar Negeri Full

BAGIKAN:

Langkah pertama yang saya lakukan untuk mendapatkan beasiswa kuliah s1 di luar negeri adalah mulai mencari informasi tentang universitas luar negeri y

Berburu Beasiswa Kuliah S1 Luar Negeri Full
Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay


Langkah pertama yang saya lakukan untuk mendapatkan beasiswa kuliah S1 di luar negeri adalah mulai mencari informasi tentang universitas luar negeri yang memberikan beasiswa kuliah S1 luar negeri full.

 

Berburu Beasiswa Kuliah S1 Luar Negeri Full - Jujur, sekitar 5-6 tahun yang lalu tidak terlalu banyak universitas yang memberikan beasiswa kuliah S1. Kebanyakan dari mereka memberikan beasiswa untuk program S2 dan S3, ya wajar saja karena biasanya tidak banyak kontribusi yang bisa diberikan oleh mahasiswa S1.

Setelah mencari sana sini, ternyata ada tiga universitas top luar negeri yang saat itu menawarkan beasiswa kuliah S1, yaitu Nanyang Technological University (NTU) dan National University of Singapore (NUS) di Singapura, serta University of Technology Petronas (UTP) di Malaysia. Impian utama saya adalah masuk NTU jurusan bisnis, selanjutnya antara NUS atau UTP, juga jurusan bisnis.

Beasiswa S1 Luar Negeri

Saya kemudian membuat daftar dari ketiga universitas tersebut tentang persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk beasiswa S1 luar negeri, dan lain-lain. Saya ingat betul tes pertama beasiswa S1 luar negeri diadakan oleh NUS di Kedutaan Besar Singapura di Jakarta. Namun hasilnya gagal, karena soal-soal yang diuji cukup berat, persiapan kurang matang dan lawan-lawannya kebanyakan muka-muka anak Olimpiade, hahaha.. Oke kita ambil pelajaran dari kegagalan tes beasiswa S1 luar negeri ini.

Kemudian, tes kedua beasiswa s1 luar negeri diadakan NTU. FYI, untuk ikut tes masuk beasiswa S1 luar negerinya saja sulit, karena yang daftar di beasiswa S1 luar negeri ribuan dan mereka hanya melihat nilai rapor sebagai tiket masuk. Bagi saya yang bersekolah di tempat yang agak "pelit nilai", kemungkinan besar akan menemui hambatan, karena di IC, untuk mendapatkan nilai 6 atau 7 itu cukup menantang, kalau tidak bisa dibilang susah.

Ternyata terbukti. Dalam daftar nama yang dikeluarkan NTU untuk mengikuti tes seleksi awal beasiswa S1 luar negeri, nama saya tidak ada. Saya langsung lemas! Tapi menariknya, dalam hati kecil muncul keyakinan pasti bisa ikut tes beasiswa kuliah S1 luar negeri ini! Ya masa belum berperang sudah kalah duluan? Kalau nanti setelah tes beasiswa kuliah S1 luar negeri dinyatakan tidak lulus ya nggak apa-apa. At least, I've tried my best!

 

Beasiswa S1 Luar Negeri Full

Saya kemudian mencari informasi siapa perwakilan resmi beasiswa S1 luar negeri full NTU di Indonesia. Dari informasi beberapa teman, semua menyebut satu nama anggap saja namanya Mr. X. Perjuangan mencari Mr. X ini juga luar biasa. Saya dengan ayah mencari Mr. X ini sampai malam. Akhirnya, setelah seharian mencari, ketemu juga. Kemudian, di rumah beliau saya menjelaskan masalah yang dihadapi, yaitu tentang berbedanya standar penilaian sekolah.

Setelah melihat kondisi dokumentasi (rapor, CV, dan lain-lain), Mr. X bilang, "OK Assad, menurut saya kamu layak ikut tes seleksi awal. NTU menyeleksi ribuan calon mahasiswa/i, jadi mungkin saja terlewa. Solusinya, kamu tulis email langsung ke Dean NTU dan sertakan semua dokumen ini, nanti saya akan bantu tulis email juga ke Dean."

Seketika harapan kembali muncul. Allah SWT kembali membuka jalan untuk beasiswa S1 luar negeri full. Saya langsung kirim email ke Dean NTU seperti yang disarankan, dan beberapa hari kemudian ada balasan email dari Dean yang isinya saya boleh mengikuti tes beasiswa S1 luar negeri full!! Wow!! Perasaan saat itu tidak bisa digambarkan, rasanya kaki mau copot.

 

Beasiswa S1 Luar Negeri Full Tanpa TOEFL

Saya langsung mempersiapkan diri sebaik mungkin mengikuti tes beasiswa S1 Luar negeri Full Tanpa TOEFL. Meskipun di IC tidak diberikan persiapan untuk itu, tapi tidak masalah, saya tetap belajar dengan waktu yang tersisa. Akhirnya waktu tes beasiswa S1 Luar Negeri Full tanpa TOEFL pun tiba. Kalau ngikutin perasaan sih kayanya bisa ngerjain semua soal beasiswa S1 luar negeri full tanpa TOEFL meskipun agak susah.

Ternyata oh ternyata, saat hasilnya keluar, saya tidak lolos beasiswa S1 luar negeri full tanpa TOEFL! Sangat sedih dan kecewa. Karena NTU ini merupakan beasiswa S1 luar negeri full tanpa TOEFL impian utama saya. Beberapa hari saya murung dan hilang nafsu makan, hehe. Namun saya sadar tidak boleh terlalu larut dalam kesedihan. Saya sudah memberikan usaha terbaik meskipun hasil akhir tidak sesuai keinginan. Allah SWT., telah memutuskan bahwa beasiswa S1 luar negeri full tanpa TOEFL NTU bukan tempat terbaik bagi saya. I habe to accept it. Period.

Saya kemudian bangkit dan menatap peluang ketiga, yaitu beasiswa S1 luar negeri full tanpa TOEFL UTP! Genderang perang kembali ditabuh. Saya mengurus dokumen dan berbagai persyaratan yang diminta untuk beasiswa S1 luar negeri full tanpa TOEFL. Setelah mengirim aplikasi dan menunggu pengumuman, nama saya masuk dalam daftar untuk mengikuti tes seleksi awal beasiswa S1 luar negeri full tanpa TOEFL yang diadakan di kantor perwakilan Petronas di Indonesia. Dari IC ada 7 orang yang ikut tes beasiswa S1 luar negeri full tanpa TOEFL. Kata orang yang mengurus beasiswa S1 luar negeri full tanpa TOEFL ini, pelamar untuk beasiswa S1 luar negeri tanpa TOEFL ini ada sekitar 1000 orang. Seleksi beasiswa S1 luar negeri full tanpa TOEFL kemudian mengerucut menjadi 60 orang, lalu terakhir dipilih 7 orang dari Indonesia.


Beasiswa Luar Negeri S1

Setelah mengikuti serangkaian tes beasiswa luar negeri S1 yang diberikan dan juga wawancara yang dilakukan, Alhamdulillah nama saya masuk di antara 7 orang tersebut! Saya mendapatkan beasiswa luar negeri S1 penuh di UTP dengan jurusan yang diinginkan, Busiess Information System. I'm so happy! Setelah 2 kali gagal, akhirnya dapet juga beasiswa luar negeri S1. Mungkin inilah tempat beasiswa luar negeri S1 terbaik yang telah ditentukan oleh Allah SWT.

Dan ternyata memang benar, Dia selalu tahu mana yang terbaik untuk hamba-hambanya. Saya menganggap dulu beasiswa kuliah luar negeri S1 di NTU adalah impian utama dan UTP hanya pilihan kedua. Namun sekarang penilaian beasiswa luar negeri S1 berubah dan sangat bersyukur bisa kuliah di UTP. Begitu banyak kesempatan dan hal-hal baik yang saya dapatkan selama di UTP yang mungkin tidak akan didapatkan jika kuliah di tempat lain.

Puncaknya, saya mengakhiri studi 3,5 tahun dengan membawa nama baik Indonesia dengan mendapatkan triple awards saat kelulusan: "Reactor's Gold Award 2009 for Business Information Systems", dan "Chancellor Award for The Best Graduate for the Class of 2009" (penghargaan tertingi di UTP yang diberikan langsung oleh mantan Perdana Menteri Malaysia, Tun Dr. Mahathir Mohamad).

 

 

Assad, Muhammad. 2011. Notes From Qatar Limited Edition. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

KOMENTAR

BLOGGER

PENCARIAN

Nama

3P's Secret for Scholarship Hunter,3,Agama,3,Agama Islam,2,Akuntansi,53,Analisis dan Perancangan Sistem Informasi,86,Anchor!,1,Bagaimana Cara,1,Bahasa Indonesia,29,Bahasa Inggris,2,Bing,12,Biologi SMP/MTS VII,3,Bola Energi,1,Buku,2,Buku Impian,1,Cara Bahasa Inggris,1,Cara Membuat,1,Contoh Kalimat Aktif dan Pasif Bahasa Inggris,1,Contoh Kalimat Pasif Dalam Bahasa Inggris,1,Contoh Undangan Surat Dinas,1,Dahsyatnya Sedekah,1,Dasar Ilmu Komputer,4,DOS dan Windows,5,how to,1,Hypnotic Writing,1,Intelegensi Buatan,40,internet,2,Jaringan,2,Jaringan Komputer,7,Java,13,Kalimat Aktif Dan Pasif,1,Kalimat Pasif dalam Bahasa Inggris,1,Kata Konjungsi,2,Kekuatan Keyakinan,1,Kekuatan Visualisasi,1,Komputer,55,Konflik dan Office Idiots,9,Kuliah,228,Lampiran-Lampiran,8,Manajemen Informatika,230,Manajemen Strategik,9,Manajemen Sumber Daya Manusia,3,Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik,3,Mengadakan Rapat Dengan Office Idiot,2,Menulis Surat Resmi,1,My 365 Days in Qatar,5,Neo Technology,1,Notes From Qatar Limited Edition,36,Office Idiots,29,Office Idiots Dan Miskomunikasi Mereka,11,Other,59,Pascal,8,Pelamar Kerja Yang Idiot,2,Pemograman,26,Pemrograman,44,Pengenalan Komputer,5,Penggunaan Kata,1,Penggunaan Kata a dan an,1,Penggunaan Kata are,1,Penggunaan Kata di,1,Penggunaan Kata is dan are,1,Penggunaan Kata pun,1,Penggunaan Kata The,1,Penggunaan Kata was,1,Penutup,1,Perilaku Kelompok dalam Organisasi,14,Perilaku Organisasi,14,Pewawancara Yang Idiot,2,Review Buku,7,Revolusioner! Mudah Cari Pekerjaan,66,Sabar Sedikit Lagi Siapa Tahu Berikutnya Impian Itu Akan Datang,1,SARAN-SARAN PEMBUATAN CL (COVER LETTER) DAN CV (CURRICULUM VITAE),22,Senyumlah dan Dapatkan Pekerjaan Itu dengan Mudah,1,Siapa Idiot baru Ini?,2,Simulasi CAT,3,Sistem Informasi,40,Sistem Informasi dan Intelegensi Buatan,44,Surat Resmi,1,Tentang Penulis,1,Tips,5,Top Modul Lolos Test CPNS,3,Wawancara? Siapa Takut!,1,
ltr
item
HanifSky: Berburu Beasiswa Kuliah S1 Luar Negeri Full
Berburu Beasiswa Kuliah S1 Luar Negeri Full
Langkah pertama yang saya lakukan untuk mendapatkan beasiswa kuliah s1 di luar negeri adalah mulai mencari informasi tentang universitas luar negeri y
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjIppcR7DlbglSmpr_SZL4xCVJDP56lEG18R71iw_ndKB5R6NpNA_AjDG6bhQEaB0Zz-67TfBhYZJb2eEk5OhLqzVk7-jKdF1_3_sPYnqEbwtNQ6Q9ZtyTF1rX8jh_7Ck41WlZ6mK2-FGFS/s16000/Berburu+Beasiswa+Kuliah+S1+Luar+Negeri+Full.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjIppcR7DlbglSmpr_SZL4xCVJDP56lEG18R71iw_ndKB5R6NpNA_AjDG6bhQEaB0Zz-67TfBhYZJb2eEk5OhLqzVk7-jKdF1_3_sPYnqEbwtNQ6Q9ZtyTF1rX8jh_7Ck41WlZ6mK2-FGFS/s72-c/Berburu+Beasiswa+Kuliah+S1+Luar+Negeri+Full.jpg
HanifSky
https://hanifsky.blogspot.com/2012/04/berburu-beasiswa-kuliah-s1-luar-negeri-full.html
https://hanifsky.blogspot.com/
https://hanifsky.blogspot.com/
https://hanifsky.blogspot.com/2012/04/berburu-beasiswa-kuliah-s1-luar-negeri-full.html
true
7876875396099374687
UTF-8
Memuat Semua Postingan Postingan Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batal Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN LABEL ARSIP CARI SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan postingan yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Febuari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI TERKUNCI LANGKAH 1: Bagikan ke media sosial LANGKAH 2: Klik tautan di media sosial Anda Salin Semua Code Pilih Semua Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi