KUMPULAN LATIHAN ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI

BAGIKAN:

Pandanglah universitas atau perusahaan Anda sebagai suatu sistem. Identifikasi komponen-komponen apa saja yang menyusun sistem tersebut dan jelaskan p

LATIHAN KONSEP DASAR SISTEM

LATIHAN KONSEP DASAR SISTEM
Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

KASUS 1

Kumpulan Latihan Analisis dan Perancangan Sistem Informasi - Pandanglah universitas atau perusahaan Anda sebagai suatu sistem. Identifikasi komponen-komponen apa saja yang menyusun sistem tersebut dan jelaskan peranan masing-masing komponen tersebut? Bagaimana masing-masing komponen tersebut bekerja untuk mendukung tujuan utama organisasi?

KASUS 2

Hubungilah bagian teknologi informasi pada universitas atau perusahaan Anda. Lakukan diskusi untuk menentukan data apa saja yang menjadi input untuk sistem informasi yang dipakai, output yang dihasilkan, dan proses yang apa saja yang mengolah data tersebut menjadi informasi.


LATIHAN STAKEHOLDER DALAM SISTEM INFORMASI

LATIHAN STAKEHOLDER DALAM SISTEM INFORMASI
Gambar oleh tjevans dari Pixabay

KASUS 1

Diskusikan pertanyaan berikut dengan teman-teman satu kelompok. Stakeholder mana yang paling berpengaruh pada kesuksesan pengembangan proyek sistem informasi?

KASUS 2

Akseslah sistus web wordpress.com Pelajarilah fasilitas apa yang ditawarkan situs tersebut! Apakah situs tersebut bisa digolongkan ke dalam code generator? Apa alasan Anda?


LATIHAN ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM

LATIHAN ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Gambar oleh Kevin Phillips dari Pixabay

KASUS 1

SDLC memiliki beberapa kelemahan. Coba Anda ajukan metode yang merupakan pengembangan SDLC yang bisa memperbaiki kelemahan SDLC, terutama mengenai masalah waktu penyelesaian sistem yang terlalu lama (ingat konsep dekomposisi dan modularitas pada pembahasan tentang sistem).

KASUS 2

Seandainya Anda menghadapi dua buah proyek. Proyek pertama keuntungannya besar, tetapi sumber daya yang dimiliki belum siap. Proyek kedua sumber daya yang dimiliki sangat siap, tetapi keuntungannya kecil. Kira-kira mana yang Anda pilih? Kemukakan alasan Anda!


LATIHAN TENTANG PENDEKATAN-PENDEKATAN PENGEMBANGAN SISTEM

LATIHAN TENTANG PENDEKATAN-PENDEKATAN PENGEMBANGAN SISTEM
Gambar oleh Photo Mix dari Pixabay

KASUS 1

Dari beberapa pendekatan yang ada, pendekatan mana yang menurut Anda paling cocok untuk pemula di bidang pengembangan sistem informasi? jelaskan argumentasi Anda! Pendekatan mana yang paling cocok untuk durasi proyek yang pendek?

KASUS 2

Instal perangkat lunak Rational Rose pada komputer Anda! jelaskan fitur apa saja yang dimiliki oleh perangkat lunak tersebut yang mempermudah kita dalam mengembangkan sistem informasi?


LATIHAN ANALISIS SISTEM

KASUS 1

Bagaimana definisi klasik tenteang sistem analisis dan sistem disain berhubungan dengan pengembangan sistem? Jelaskan!

KASUS 2

Budi yakin penggunaan model sistem bisa memberikan pemahaman yang lebih baik bagi analis dan pengguna dalam menentukan kebutuhan sistem. Di sisi lain, budi sangat menghargai metode prototyping untuk menentukan kebutuhan sistem karena kecepatan waktunya jika dibandingkan dengan pendekatan model driven. Budi ingin mengintegrasikan kedua-duanya. Berikan rekomendasi!

KASUS 3

Apakah tahapan analisis bisa dilewati dalam pengembangan sistem? Jika ya, kapan hal ini bisa dilakukan?


LATIHAN ANALISIS BAGIAN I (ANALISIS KELEMAHAN SISTEM LAMA)

Lakukan analisis PIECES pada sistem perpustakaan yang ada pada institusi pendidikan Anda. Laporkan kelemahan-kelemahan yang Anda jumpai pada sistem perusahaan tersebut!


LATIHAN ANALISIS BAGIAN II (ANALISIS KEBUTUHAN SISTEM)

KASUS 1

Dari latihan sebelumnya, jika akan dikembangkan sistem untuk menggantikan sistem perpustakaan yang sedang dipakai, susunlah kebutuhan sistem untuk perpustakaan yang baru. Metode apa yang Anda pilih untuk membantu mengumpulkan kebutuhan sistem tersebut? Apa alasannya?

KASUS 2

Jika akan dikembangkan sistem informasi akademik untuk institusi pendidikan Anda, pendekatan pengumpulan kebutuhan apa yang Anda lakukan? Bagaimana detail pelaksanaannya? Jika metode wawancara yang Anda gunakan, pertanyaan apa yang Anda siapkan? Bentuk kuisioner seperti apa yang Anda susun?


LATIHAN ANALISIS BAGIAN III (ANALISIS KELAYAKAN SISTEM)

KASUS I

Akan dikembangkan sistem informasi penjualan untuk suatu minimarket. Sifatnya stand alone. Dari pihak manajemen toko hanya menyediakan 1 PC dengan type Pentium III 1 GHz, memory 128 MB dan HD 20 GB. ANggaran untuk SI sebesar 7,5 juta. Susunlah Cost and Benefit Analysisnya dengan ketentuan umur investasi maksimal 3 tahun! Asumsi: suku bunga diskonto 9,5%.

KASUS 2

PT MAJUJAYA yang bergerak pada usaha persewaan dan penjualan VCD dan DVD film dan game akan melebarkan sayap dengan membuka unit usaha baru. PT MAJUJAYA berhasil menyewa tiga buah ruko pada suatu pusat perbelanjaan dengan denah sebagai berikut:
A 0 C 0 E
Ruko yang bisa disewa adalah ruko A, C dan E. Ruko A digunakan untuk usaha persewaan VCD dan DVD. Ruko C digunakan untuk usaha penjualan VCD dan DVD, sedangkan Ruko E digunakan untuk kantor PT MAJUJAYA. Manajer menghendaki dibangun system informasi yang bisa memonitor kegiatan bisnis di ruko A dan C secara real time, sehingga transaksi peminjaman maupun penjualan bisa langsung dimonitor dari ruko E. Tugas Anda:
  1. Buatlah kebutuhan sistem (fungsional dan nonfungsional) untuk system informasi yang diminta oleh MAJUJAYA tadi!
  2. Lakukan analisis kelayakan teknik, operasional, dan hukum pada usulan sistem yang Anda buat tadi.


LATIHAN ANALISIS USE CASE

Identifikasi kegiatan penjualan yang dilakukan oleh toko swalayan (mini market) terdekat di kota Anda. Susunlah use-case sistem penjualan swalayan tersebut!


LATIHAN PEMODELAN PROSES (PROCESS MODELLING)

KASUS 1

Gambarkan DFD untuk sistem "hari ke hari" yang menjelaskan aktifitas harian yang kita lakukan, misalnya membuat nasi goreng untuk sarapan!

KASUS 2

Dari pengembangan sistem penggajian berbasis komputer pada SMA Virtual, coba kembangkan Data Flow Diagram untuk sistem tersebut!

KASUS 3

Berdasar deskripsi naratif berikut, gambarkan Data Flow Diagram untuk aktifitas-aktifitas berikut ini.

Tujuan dari textbook inventory system pada toko buku di suatu kampus adalah untuk menyuplai buku teks untuk kelas-kelas pada suatu universitas lokal. Bagian akademik dari universitas tersebut memberikan data awal berupa mata kuliah, pengajar, buku teks, dan jumlah peserta pada toko buku tadi dalam bentuk textbok master list. Toko buku memgeluarkan pesanan pembelian (purchase order) yang dikirimkan ke penerbit buku yang menyediakan buku teks tersebut. Pesanan buku datang di toko buku tersebut di lengkapi dengan packing slip yang dicek dan diverifikasi oleh bagian penerimaan barang. Mahasiswa mengisi book request yang berisi informasi perkuliahan. Ketika mereka membayar buku, mahasiswa akan menerima nota penjualan (sales receipt).


LATIHAN PEMODELAN DATA (DATA MODELLING)

Coba kembangkan ERD untuk sistem penggajian karyawan pada SMA Virtual dengan mengacu pada contoh kasus di latihan-latihan sebelumnya!


LATIHAN STRATEGI PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK SISTEM INFORMASI

Mengacu pada sistem penggajian SMA Virtual, strategi pengembangan apa yang Anda pilih? APa alasan Anda memilih strategi tersebut? Desain arsitektur apa yang Anda tawarkan?


LATIHAN HIERARCHY INPUT OUTPUT CHART (HIPO)

Susunlah HIPO untuk sistem penggajian pada SMA Virtual. Gambarkanlah diagram isi visual, diagram ringkas, dan diagram rincinya!


LATIHAN DESAIN ANTARMUKA

Cobalah mengembangkan rancangan antarmuka pengguna untuk sistem penggajian pada SMA Virtual. Kembangkan beberapa jenis antarmuka pengguna sehingga ada alternatif desain yang bisa dipilih!


LATIHAN PENGETESAN, IMPLEMENTASI, DAN PEMELIHARAAN SISTEM

  1. Sistem yang dihasislkan dari perencanaan, analisis, dan disain yang baik bisa gagal karena pengujian dan implementasi sistem yang buruk. Setujukah Anda dengan hal ini? Apa alasan Anda?
  2. Keahlian apa saja yang menurut Anda sangat diperlukan pada tahap pengujian dan implementasi sistem?
  3. Bedakan dan jelaskan, jenis pengujian apa saja yang diberlakukan pada sistem perangkat lunak saja, dan jenis pengujian apa yang diberlakukan untuk keseluruhan komponen sistem informasi!
  4. Produk apa yang dihasilkan dari fase desain yang sangat diperlukan untuk pengembangan perangkat lunaknya? Mengapa? Bagaimana produk-produk tersebut digunakan? Bagaimana mereka digunakan? Apa yang terjadi jika hasil disain tidak akurat atau tidak lengkap?



Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI

KOMENTAR

BLOGGER: 4
Berkomentarlah yang membangun!

PENCARIAN

Nama

3P's Secret for Scholarship Hunter,3,Agama,3,Agama Islam,2,Akuntansi,53,Analisis dan Perancangan Sistem Informasi,86,Anchor!,1,Bagaimana Cara,1,Bahasa Indonesia,29,Bahasa Inggris,2,Bing,12,Biologi SMP/MTS VII,3,Bola Energi,1,Buku,2,Buku Impian,1,Cara Bahasa Inggris,1,Cara Membuat,1,Contoh Kalimat Aktif dan Pasif Bahasa Inggris,1,Contoh Kalimat Pasif Dalam Bahasa Inggris,1,Contoh Undangan Surat Dinas,1,Dahsyatnya Sedekah,1,Dasar Ilmu Komputer,4,DOS dan Windows,5,how to,1,Hypnotic Writing,1,Intelegensi Buatan,40,internet,2,Jaringan,2,Jaringan Komputer,7,Java,13,Kalimat Aktif Dan Pasif,1,Kalimat Pasif dalam Bahasa Inggris,1,Kata Konjungsi,2,Kekuatan Keyakinan,1,Kekuatan Visualisasi,1,Komputer,55,Konflik dan Office Idiots,9,Kuliah,228,Lampiran-Lampiran,8,Manajemen Informatika,230,Manajemen Strategik,9,Manajemen Sumber Daya Manusia,3,Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik,3,Mengadakan Rapat Dengan Office Idiot,2,Menulis Surat Resmi,1,My 365 Days in Qatar,5,Neo Technology,1,Notes From Qatar Limited Edition,36,Office Idiots,29,Office Idiots Dan Miskomunikasi Mereka,11,Other,59,Pascal,8,Pelamar Kerja Yang Idiot,2,Pemograman,26,Pemrograman,44,Pengenalan Komputer,5,Penggunaan Kata,1,Penggunaan Kata a dan an,1,Penggunaan Kata are,1,Penggunaan Kata di,1,Penggunaan Kata is dan are,1,Penggunaan Kata pun,1,Penggunaan Kata The,1,Penggunaan Kata was,1,Penutup,1,Perilaku Kelompok dalam Organisasi,14,Perilaku Organisasi,14,Pewawancara Yang Idiot,2,Review Buku,7,Revolusioner! Mudah Cari Pekerjaan,66,Sabar Sedikit Lagi Siapa Tahu Berikutnya Impian Itu Akan Datang,1,SARAN-SARAN PEMBUATAN CL (COVER LETTER) DAN CV (CURRICULUM VITAE),22,Senyumlah dan Dapatkan Pekerjaan Itu dengan Mudah,1,Siapa Idiot baru Ini?,2,Simulasi CAT,3,Sistem Informasi,40,Sistem Informasi dan Intelegensi Buatan,44,Surat Resmi,1,Tentang Penulis,1,Tips,5,Top Modul Lolos Test CPNS,3,Wawancara? Siapa Takut!,1,
ltr
item
HanifSky: KUMPULAN LATIHAN ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
KUMPULAN LATIHAN ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Pandanglah universitas atau perusahaan Anda sebagai suatu sistem. Identifikasi komponen-komponen apa saja yang menyusun sistem tersebut dan jelaskan p
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhD9I7KGDstsG6pUEtQItrkIzhJkYJ8adOgeglv99dzvHuvhT8WwvVyRVP0sxkPC-C1UJ48kwOX9iYmckAvaUM6v0uD6b3czE1IK7vTcqJfBY8uSmkKqIKOclR7YhmTNhXRyc4DhtMEVONV/s1600/LATIHAN+KONSEP+DASAR+SISTEM.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhD9I7KGDstsG6pUEtQItrkIzhJkYJ8adOgeglv99dzvHuvhT8WwvVyRVP0sxkPC-C1UJ48kwOX9iYmckAvaUM6v0uD6b3czE1IK7vTcqJfBY8uSmkKqIKOclR7YhmTNhXRyc4DhtMEVONV/s72-c/LATIHAN+KONSEP+DASAR+SISTEM.jpg
HanifSky
https://hanifsky.blogspot.com/2011/05/kumpulan-latihan-analisis-dan-perancangan-sistem-informasi.html
https://hanifsky.blogspot.com/
https://hanifsky.blogspot.com/
https://hanifsky.blogspot.com/2011/05/kumpulan-latihan-analisis-dan-perancangan-sistem-informasi.html
true
7876875396099374687
UTF-8
Memuat Semua Postingan Postingan Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batal Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN LABEL ARSIP CARI SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan postingan yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Febuari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI TERKUNCI LANGKAH 1: Bagikan ke media sosial LANGKAH 2: Klik tautan di media sosial Anda Salin Semua Code Pilih Semua Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi